Layanan 3in1 Dinas Dukcapil Kota Madiun

Pada akhir tahun 2017 yang lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinas Dukcapil) Kota Madiun telah memulai terobosan baru dalam layanan masyarakat, yaitu Layanan 3in1 :

  • pengurusan Akta Kematian ; ketika terjadi kematian pada hari itu, pelapor (keluarga/famili/ketua RT) yang bisa dipertanggungjawabkan, mengirimkan data jenazah (NIK, alamat, foto KK, KTP jenazah) dan Surat Keterangan Meninggal, melalui WA Kepala Dinas Dukcapil Kota Madiun atau melalui  telepon kantor Dinas Dukcapil, maka pada hari itu juga akan diproses 3 dokumen langsung, yaitu Akta Kematian, KK dan KTP terkait perubahan status akibat kematian penduduk tersebut. Adapun dokumen tersebut akan diantarkan langsung ke rumah duka oleh Dinas Dukcapil. Dokumen persyaratan sesuai dengan data yang dikirim lewat WA selanjutnya diserahkan ke Dinas Dukcapil Kota Madiun. Di bawah ini adalah salah satu contoh penyerahan Akta Kematian Penyerahan Akta Kematian a.n Ibu Etik Suwarni Jl. Sukokaryo Madiun oleh Kepala Dinas Dukcapil Kota Madiun.
  •     
  • pengurusan Akta Kelahiran : jika penduduk mengurus perubahan KK karena kelahiran bayi dengan membawa persyaratan yang lengkap, maka akan diproses dan diterbitkan tiga dokumen sekaligus, yaitu Akta Kelahiran, KK baru dan KIA (Kartu Identitas Anak)
  • pengurusan Akta Perkawinan/Perceraian bagi penduduk Non Muslim ; jika penduduk mengurus pencatatan perkawinan atau perceraian dengan membawa persyaratan lengkap, maka akan diproses dan diterbitkan tiga dokumen sekaligus yaitu Akta Perkawinan/Perceraian, KK dan KTP baru terkait perubahan status sesuai dengan yang dicatatkan (kawin atau cerai).